Aceh Harus Belajar Dari Kebangkitan Bireuen!


Era sepakbola Bireuen telah kembali. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan wakil-wakil dari kabupaten ini memborong mahkota juara Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Aceh tahun 2011, setelah di pertandingan final tingkat SLTP, SLTA, dan perguruan tinggi tampil sebagai tim terbaik. Ini adalah sejarah bagi persepakbolaan Bireuen setelah tim kebanggaannya yaitu PSSB tak bisa berbuat banyak dalam kompetisi Divisi Utama PSSI musim lalu.

Kegembiraan menyelimuti para pendukung Bireuen ketika di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Selasa (26/7) Universitas Al Muslim Peusangan mampu mengalahkan Tim Sepakbola  Unsyiah FC 3-2 melalui drama adu penalti. Disusul kemudian di tingkat SLTP, SMP Negeri 1 Peusangan menang 3-0 atas SMPN 5 Lhokseumawe. Untuk tingkat SLTA, SMAN 1 Bireuen juga mengharumkan nama daerah yang dikenal dengan keripik gorengnya itu setelah menundukkan kesebelasan SMAN 9 Banda Aceh.

Keberhasilan Tim SMAN 1 Bireuen itu juga didapat lewat adu penalti yang dramatis. Bermain imbang 2-2 di waktu normal akhirnya anak-anak SMAN 1 Bireuen akhirnya unggul dengan marka 5-4.

Tanda-tanda kebangkitan sepakbola Bireuen sebenarnya telah terlihat ketika Tim SSB Putra Banna Peusangan berhasil menjadi juara II dalam ajang Piala AQUA-Danone tingkat Nasional di Jakarta pada Minggu (17/7). Dalam laga final yang berlangsung di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Jakarta tersebut Tim SSB Putra Banna gagal berangkat mewakili Indonesia ke Kota Madrid setelah takluk dari Tim SSB Hasanuddin dari Kota Makassar. Namun, itu telah menjadi sebuah prestasi besar bagi sepakbola Aceh umumnya dan Kabupaten Bireuen pada khususnya.

Sepakbola Bireuen akan semakin bagus dalam beberapa tahun ke depan bila pembinaan yang baik terus dilakukan oleh pihak pemerintah daerah Bireuen dari sekarang. Perhatian dari banyak pihak sangat dibutuhkan oleh anak-anak Bireuen dalam memajukan sepakbola Aceh. Jika prestasi anak-anak Bireuen yang mewakili Aceh pada tingkat nasioanal itu bagus maka nama Aceh juga  akan ikut bersinar.

Kemajuan sepakbola di Aceh butuh perhatian khusus dari semua pihak. Tidak hanya Pemerintah daerah, tapi semua tokoh sepakbola Aceh harus duduk memikirkan bagaimana langkah-langkah memajukan Aceh lewat sepakbola. Sepakbola Aceh harus bangkit dan bagaimana cara memajukannya mungkin bisa ditanyakan pada pihak-pihak yang berhasil membawa tim-tim sepakbola asal Kabupaten Bireuen itu menjadi juara di Aceh.

Sebenarnya, keberhasilan Persiraja Banda Aceh menembus kasta tertinggi sepakbola tanah air dalam ajang Liga Super Indonesia (LSI) juga sebuah prestasi besar. Dan sungguh disayangkan sekali bila tim berjulukan Lantak Laju itu gagal ikut dalam kompetisi LSI. Pengorbanan para pemain dan offisial tim akan menjadi sia-sia saja bila Persiraja batal ikut kompetisi liga super tersebut.

Kondisi sepakbola Aceh memang masih memprihatinkan dan butuh sebuah perubahan untuk membenahi segala sistem dalam PSSI Aceh dan tim sepakbola lainnya yang ada di Aceh. Untuk apa menghabiskan banyak uang untuk belanja pemain asing bila Aceh sendiri memiliki banyak pemuda potensial yang bisa bermain bola dengan baik?

Banyak prestasi yang berhasil diraih tim sepakbola Aceh dikancah nasional maupun Internasional. Dan ini adalah modal besar yang seharusnya bisa membawa sepakbola Aceh kembali disegani di Indonesia. Tinggal saja, bagaimana KONI Aceh, PSSI Aceh, dan para tokoh sepakbola Aceh mau duduk bersama menyusun strategi untuk memajukan sepakbola di daerah Aceh.

Kita semua sudah lama rindu ingin menyaksikan bagaimana anak-anak Aceh bermain sepakbola dengan seragam Tim Nasional Indonesia. Dan hal ini akan terwujud jika bibit muda hebat daerah Aceh mendapat bimbingan dan pembinaan yang lebih baik ke depan. Tentu saja ini butuh biaya besar, dan semoga Pemerintah Aceh sekarang bersama calon Pemimpin Aceh ke depan memiliki sebuah program khusus untuk kemajuan sepakbola di Aceh.

Tulisan ini telah dimuat di Media Online: The Globe Journal.

Iklan
By Arbi Sabi Syah Posted in Bola

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s